create your own banner at mybannermaker.com!
SELAMAT DATANG DI BLOG CABANG UTAMA PASAREBO || PT. Bahana Sysfo Utama || Banking Electronic Payments System ||

Rabu, 11 Januari 2012

BCA dan Bank Mandiri 'Akur' Soal Transfer ATM

Jakarta Detik.com- Nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk tak perlu ngomel-ngomel lagi karena tak bisa saling transfer. BCA dan Bank Mandiri akan segera menyambungkan jaringannya sehingga nasabah bisa transfer via ATM.



"Betul (kerjasama telah dilakukan) dan pada tanggal 11 Oktober rencananya akan diresmikan," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja ketika dikonfirmasi detikFinance di Jakarta, Jumat (7/10/2011).



Untuk diketahui, selama ini nasabah Bank Mandiri memang tidak bisa melakukan transfer dana lewat ATM ke nomor rekening BCA, maupun sebaliknya. Hal tersebut disebabkan karena kedua bank besar tersebut belum memiliki kerja sama dalam interkoneksi ATM.

Kepala Biro Sistem Pembayaran BI Aribowo pernah menyampaikan kerja sama tersebut merupakan awal yang ideal menuju penerapan national payment gateway (NPG). Aribowo mengatakan switching dari interkoneksi kedua ATM bank tersebut menggunakan jaringan Link dan Prima.



Link dibentuk oleh Himpunan Bank Negara, yang terdiri dari Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia dan Bank Tabungan Negara.

Adapun Prima merupakan switching interkoneksi ATM yang dikelola oleh PT Rintis Sejahtera. Selain BCA, ada sedikitnya 40 bank yang tergabung dalam Prima.

"Kami masih mendiskuskan dengan industri. Mudah-mudahan akhir tahun ini kita sudah dapatkan model yang lebih jelas dan disepakati oleh industri untuk seluruh ATM bank terhubung,” ujarnya.

NPG memang membutuhkan integrasi dari berbagai dari berbagai industri, terutama perusahaan pengelola jaringan ATM.

"Ke depan, harus ada satu yang besar, mengintegrasikan semua. Kalau ditanya sekarang, para pemilik perusahaan pasti tidak mau, tetapi ke depannya harus mau, kalau tidak mau akan dibentuk regulasi," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar