create your own banner at mybannermaker.com!
SELAMAT DATANG DI BLOG CABANG UTAMA PASAREBO || PT. Bahana Sysfo Utama || Banking Electronic Payments System ||

Jumat, 06 Januari 2012

BCA dan Mandiri Segera Migrasi ke Kartu Chip

Jakarta Detik.com- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank Mandiri Tbk menyatakan kesiapannya untuk mulai melakukan migrasi kartu debet dan ATM berbasis chip. Hal ini seiring dengan segera dikeluarkannya Surat Edaran Bank Indonesia (BI) mengenai standarisasi kartu debet dan ATM menggunakan chip yang diwajibkan selesai pada 2015.

"Kami siap dan akan melakukannya secara bertahap, di mana BCA memiliki kartu debet dan ATM sebanyak 9 juta kartu," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaadmadja di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/10/2011).

Menurut Jahja, dari segi investasi sudah tidak ada permasalahan karena biayanya tidak begitu besar. Dikatakan Jahja, biaya penggantian per kartu hanya US$ 1-2.

"Yang jadi masalah adalah bukan dari biaya namun teknis penggantian kartu," kata Dia.

Pertama, Jahja menjelaskan diperlukan mesin pembaca di Electronic Data Capture (EDC) maupun di mesin ATM yang memerlukan perangkat tambahan untuk membaca chip dan magnetic stripe.

"Dalam waktu transisi kan mesin EDC dan ATM harus siap menerima 2 jenis kartu yakni Chip dan magnetic itu pasti butuh waktu," tuturnya.

Selain itu, sambungnya, adalah bagaimana mensosialisasikan nasabah untuk menukarkan kartu lamanya dengan chip yang baru.

"Kan banyak yang sudah pindah rumah kemudian ada data kontak nasabah yang berubah itu juga perlu waktu," kata Dia.

Ditemui ditempat yang sama, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Mandiri) Zulkifli Zaini juga menyatakan sudah siap untuk migrasi kartu Debet dan ATM-nya ke chip.

"Kita ada 9 juta pemegang dan sudah siap," katanya.

Menurut Zulkifli, nantinya Bank Mandiri akan membaginya secara bertahap selama beberapa tahun. Hingga nantinya sebelum batas yang ditentukan akan selesai.

"Yang jelas sudah siap nanti dibagi menjadi beberapa tahap. Kan tidak mudah mengganti 9 juta nasabah itu," pungkasnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menyatakan surat edaran penggunaan kartu debet dan ATM berbasis chip akan segera dirilis.

Kurang lebih, satu sampai dua bulan ke depan surat edaran tersebut akan dikeluarkan.

Setelah surat edaran dikeluarkan bank wajib melakukan migrasi dan selesai di 2015. Atau pada 1 Januari 2016 seluruh kartu debet dan ATM harus berbasis chip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar